Jumat, 11 Mei 2012

"Love Rain" Jeblok, "The King 2 Hearts", "Rooftop Prince", dan "The Equator Man" Bersaing Ketat


Love-Rain-03Serial  Love Rain yang sejak awal tahun digadang bakal kembali melambungkan nama Jang Geun Suk dan Yoona SNSD ternyata jeblok.
Apa boleh dikata, duet maut Jang Geun Suk dan Yoona tak sanggup memukau penonton. Ekspektasi besar pada serial ini nyatanya tak dieksekusi dengan baik oleh sutradara dan penulis skenario Yoon Suk Ho dan Oh Soo Yun. Sejak penayangan episode perdananya pada 26 Maret silam, rating serial ini tak mampu beranjak jauh dari kisaran angka 4-7 persen saja. Alasan yang banyak dikemukakan, para pecinta K-drama dibuat bosan dengan kisah tentang kasih tak sampai dengan alur yang lamban dan mudah ditebak.  Apalagi pertengahan pertama serial ini dimulai dengan kisah cinta tahun 70-an, nuansa klasik ini justru tak cocok dengan selera para penggemar Jang Geun Suk dan Yoona yang notabene remaja tahun 2000-an, dan haus akan kisah-kisah romantis dengan ide baru yang segar dan sesuai tren masa kini.
“Rasanya seperti menonton kisah cinta seperti yang diceritakan orang tua kami dulu,” komentar seorang penonton. Antusiasme menantikan duet akting maut Jang Geun Suk-Yoona berujung pada kekecewaan karena harus menyaksikan dua idola masa kini itu dipaksa kembali ke era klasik.  Publik berharap mereka terlibat komedi romantis segar dan aksi Jang Geun Suk yang kocak, menyebalkan, tapi menggemaskan seperti di He’s Beautiful atau Marry Me, Marry. Love Rain keteteran mengimbangi dua serial pesaingnya yang sama-sama tayang di hari Senin-Selasa. Serial milik stasiun TV MBC, Lights and Shadow, ratingnya mencapai 25,5 persen di episode ke-40. Padahal Lights and Shadow sama-sama menyajikan cerita dengan latar klasik. Serial yang dibintangi aktor-aktris senior seperti Ahn Jae Wook, Lee Pil Mo, Son Dam Bi, dan Nam Sang Mi ini bahkan mengambil setting tahun 60-an, dan menyorot kehidupan pelaku industri hiburan di masa perang.
Di sisi lain, drama kontemporer tentang dunia mode dan tren, Fashion King, yang tayang di TV SBS pada hari dan jam yang sama masih berada di jalur aman dengan perolehan rating 13,1 persen di penayangan 17 April lalu. Persaingan drama yang seru terjadi pada penayangan drama hari Rabu-Kamis. Lee Seung Gi, Uhm Tae Wong, dan Micky Yoochun bersaing ketat. Sejak penayangan perdananya pada 21 Maret lalu, serial The King 2 Hearts (TK2H) jadi primadona baru pagi para pecinta K-drama. Jalan cerita yang menarik, komedi berbalut politik, dan akting yang cemerlang dari dua bintang utamanya; Lee Seung Gi dan Ha Ji Won, membuat TK2H digadang-gadang bakal menyusul sukses serial The Moon That Embrace The Sun yang ratingnya sukses menembus angka 40 persen dan menjadi drama nasional.
Saat ini TK2H berhasil mendominasi perolehan rating tayangan serial pada hari Rabu-Kamis jam 21.55 waktu Korsel. Sementara dua serial pesaing yang dirilis di jam tayang dan hari yang sama, Rooftop Prince (Park Yoochun, Han Ji Min) dan The Equator Man (Uhm Tae Wong, Lee Bo Young), masing-masing hanya memperoleh rating 9,8 dan 7,7 persen. Menyaksikan dua episode pertamanya, para pengamat serial yakin TK2H akan mampu menembus angka 20 persen. Benarkah prediksi ini?
Rupanya masih meleset. Perlahan tapi pasti, persaingan perolehan rating tiga serial ini semakin sengit dan nyaris berimbang. TK2H yang tayang di MBC memang masih unggul dengan rating 12,5 persen di episode ke-8, dan Rooftop Prince milik stasiun TV SBS telah sampai pada rating 12,1 persen di episode ke-7. Namun TK2H dan Rooftop Man mendapat pesaing berat semenjak rating The Equator Man melonjak pesat setelah kisahnya mengalami masa transisi dari karakter kanak-kanak ke dewasa. Memasuki episode ke-7 dan 8, The Equator Man menyusul dengan rating 14,3 dan 11,7 persen. Konflik soal persahabatan, pengkhianatan, dan persaingan yang dialami sang tokoh sentral, Sun Woo (Uhm Tae Woong) semakin tajam ketika karakternya telah dewasa dan menjadi CEO sukses. Di samping Uhm Tae Woong yang dikenal lewat serial Queen Seondeok, serial ini didukung sederet aktor watak seperti Lee Bo Young (Athena), Lee Joon Hyuk (City Hunters), dan Kim Young Chul (The Princess Man).
Namun ada komentar miring yang mengatakan suksesnya rating The Equator Man episode ke-7 (tayang 11 April) disebabkan dua serial pesaingnya tidak tayang karena adanya acara pemilu di Korea sehingga penonton TK2H dan Rooftop Prince mau tak mau lari ke The Equator Man. Sebagai pengganti tayangan tanggal 11 April yang ditunda, serial TK2H menayangkan dua episode sekaligus pada 12 April, sementara Rooftop Princes urung menayangkan dua episode sekaligus di hari yang sama. Sebagai pengganti, mereka hanya menayangkan behind the scene saja. Hal ini menuai kekecewaan penonton yang telah menantikan episode terbaru serial Micky Yoochun dan Han Ji Min ini. “Mengapa mereka mengubahnya tiba-tiba?”, “Saya telah menunggu hari ini selama seminggu, dan sekarang mereka benar-benar merusak hariku,” ungkap para penonton kecewa. Semoga tak kecewa dengan jalan ceritanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar